Labels

Home » » Ulah Manusia

Ulah Manusia

Para ilmuwan juga menyimpulkan bahwa iklim global saat ini memanas dengan cepat. Peneliti yakin bahwa 90 persen pemanasan global itu diakibatkan ulah manusia. Kesimpulan itu juga terdapat dalam laporan Panel Antar Pemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC) 2007.

Bahaya dari perubahan iklim ini ialah mudahnya terjadi genangan air di permukaan akibat semakin menyempitnya daerah resapan. Tidak mengherankan, meski hujan yang menyirami ibu kota berlangsung singkat tetapi dapat menimbulkan banjir di beberapa titik.

Selain itu, hal ini juga menyebabkan kondisi persediaan air dalam tanah semakin berkurang. Dampak lainnya yang berbahaya adalah terjadinya penurunan permukaan tanah.

“Aktivitas manusia menyebabkan kerusakan lingkungan. selanjutnya kerusakan lingkungan akan mempengaruhi dinamika atmosfer. Kemudian perubahan atmosfer tersebut akan berdampak pada siklus hidrologi yang akan mengurangi kenyaman hidup manusia,” tutup Thomas.

Akankah kita masih akan membiarkan bumi pertiwi semakin sakit karena 'siksaan' manusia itu sendiri? Sudah sepatutnya kita harus melindungi Bumi sebagai wujud terima kasih terhadap berkah dan anugerah-Nya.

Kini, saatnya manusia bersama-sama untuk mengurangi suhu 2 derajat celsius agar terhindar dari bahaya yang diakibatkan perubahan iklim jangka panjang. Selain itu, perlu dilakukan stabilisasi konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) di bawah 450 ppm (bagian per juta).

Caranya, mengurangi efek gas rumah kaca (GRK) yang bersumber dari pembakaran dan pembukaan hutan tropis, melindungi ekosistem bumi serta melindungi hutan perawan dari si jago merah dan pembukaan hutan tropis di dunia.

Dengan mengurangi deforestasi (penebangan hutan) global sebesar 50 persen pada tahun 2020, akan menawarkan hampir sepertiga dari pilihan hemat biaya teknologi yang tersedia untuk memenuhi target 450 ppm stabilisasi di bumi pertiwi. Demikian dikutip dari Conservation.org.

0 comments:

Post a Comment